Thursday, November 23, 2017

Sejarah Makanan Kimchi Korea

  Sejarah Makanan Kimchi Korea     Kimchi koreaSejarah Kimchi sebagai makanan khas Korea ternyata sangat unik. Kimchi juga merupakan salah satu makanan khas Korea yang sudah mendunia. Kimchi Korea memiliki bahan dasar sayuran yang memiliki serat tinggi dan juga rendah kalori. Keberadaan Kimchi di Korea ini tidak terjadi secara instan. Korea memiliki sejarah Kimchi yang panjang sampai akhirnya Kimchi ini dikenal sebagai makanan khas Korea. Walaupun sebagian orang Korea kadang membuat kimchi secara instan karena lebih mudah dan praktis, Kimchi Korea masih bisa dinikmati dan mudah ditemukan di setiap restoran Korea.  Bumbu Kimchi   Kimchi Korea ini memiliki sejarah yang bermula pada kebutuhan orang – orang zaman pra sejarah yang menggunakan garam sebagai bahan pengawet. Garam ini digunakan sebagai pengawet makanan yang akan dimakan pada saat musim dingin yang sudah disiapkan dari sejak musim gugur. Karena pada musim dingin jenis sayuran yang tumbuh di korea ini sangat terbatas, maka tercetuslah ide untuk mengawetkan makanan. Pada awalnya Kimchi Korea ini diawetkan dengan garam, namun kemudian terbentuklah inovasi dari berbagai macam bumbu untuk mengawetkan Kimchi Korea selain garam, antara lain asinan seafood, daging dan juga cabe merah.  Ada tradisi Korea yang bernama Kimjang, ini merupakan hari dimana

Kimchi koreaSejarah Kimchi sebagai makanan khas Korea ternyata sangat unik. Kimchi juga merupakan salah satu makanan khas Korea yang sudah mendunia. Kimchi Korea memiliki bahan dasar sayuran yang memiliki serat tinggi dan juga rendah kalori. Keberadaan Kimchi di Korea ini tidak terjadi secara instan. Korea memiliki sejarah Kimchi yang panjang sampai akhirnya Kimchi ini dikenal sebagai makanan khas Korea. Walaupun sebagian orang Korea kadang membuat kimchi secara instan karena lebih mudah dan praktis, Kimchi Korea masih bisa dinikmati dan mudah ditemukan di setiap restoran Korea.


Bumbu Kimchi


Kimchi Korea ini memiliki sejarah yang bermula pada kebutuhan orang – orang zaman pra sejarah yang menggunakan garam sebagai bahan pengawet. Garam ini digunakan sebagai pengawet makanan yang akan dimakan pada saat musim dingin yang sudah disiapkan dari sejak musim gugur. Karena pada musim dingin jenis sayuran yang tumbuh di korea ini sangat terbatas, maka tercetuslah ide untuk mengawetkan makanan. Pada awalnya Kimchi Korea ini diawetkan dengan garam, namun kemudian terbentuklah inovasi dari berbagai macam bumbu untuk mengawetkan Kimchi Korea selain garam, antara lain asinan seafood, daging dan juga cabe merah.

Ada tradisi Korea yang bernama Kimjang, ini merupakan hari dimana semua orang Korea akan membuat Kimchi dalam jumlah yang besar pada hari – hari musim dingin. Pembuatannya Kimchi sendiri dilakukan sebelum masuknya musim dingin, yaitu pada saat angin dingin mulai bertiup sekitar awal bulan November sampai pertengahan bulan Desember. Ketika hari Kimjang sudah disepakati bersama oleh orang – orang terdekat seperti keluarga, kerabat dan tetangga, mereka akan berkumpul beramai – ramai di satu tempat untuk membuat Kimchi Korea. Kimchi Korea yang dibuat ini dibuat dan diperkirakan supaya mencukupi sampai musim semi tahun berikutnya yang biasa terjadi pada bulan Mei – April. Tradisi Kimjang ini juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur Orang Korea karena telah melalui satu tahun dengan selamat, dan siap memulai kehidupan yang baru pada tahun baru nanti.


Asal Mula Kimchi Korea


Sejarah Kimchi di Korea ini mulai diperkenalkan di daerah Korea mulai abad 1 hingga abad 7 masehi. Pada periode Goryeo (918 – 1392) mulai ditemukan tulisan tentang Kimchi. Dalam tulisan tersebut berisi petunjuk dan etika pada saat itu untuk menjadikan Kimchi Koreasebagai makanan persembahan dalam ritual dalam rangka menghormati nenek moyang. Dalam tulisan – tulisan itu juga menjelaskan tipe – tipe Kimchi seperti apa yang menjadi makanan persembahan untuk nenek moyang. Nama Kimchi ini juga sebenarnya berarti asinan sayuran, dan nama ini bersal dari China, yaitu Chimchae dan akhirnya berubah menjadi Kimchi.


Variasi Kimchi Korea


Seiring berjalannya waktu, makanan khas Korea ini juga mengalami perubahan bentuk dan memiliki variasi dalam rasanya. Kimchi yang dahulu sangat berbeda dengan Kimchi yang sekarang. Dulu cabe merah tidak digunakan sebagai bahan – bahan Kimchi Korea. Pada saat Dinasti Goryeo. Mulai banyaj sayur – sayuran yang menjadi bahan pemrbuatan Kimchi termasuk lobak, jamur dan kubis. Pembuatan Kimchi Korea zaman sekarang mungkin tidak terlalu berbeda karena masih menggunakan bahan – bahan dasar yang kurang lebih sama. Namun, sekarang lebih banyak variasi pembuatan Kimchi yang bisa diolah seperti. Sejak tahun 1827, sudah ada 92 jenis Kimchi Koreadan pada saat ini sudah lebih dari 200 jenis.


Membuat-Kimchi


Mulai pada abad ke – 18 Kimchi ini memasukkan bawang sebagai salah satu bumbunya. Bahan – bahan dasar pembuat Kimchi maupun bumbu – bumbunya ini mulai menyebar dan mengadaptasi dari makanan dari luar Korea, seperti Jepang. Untuk cabe merah sendiri mulai digunakan sebagai bumbu setelah bertahun – tahun kemudian karena cabe merah yang dibawa dari Jepang itu pernah dianggap beracun. Bahan utama lain yang bisa dijadikan Kimchi adalah lobak dan ketimun dan juga beberapa susunan daun perilla. Dan sampai sekarang pun inovasi Kimchi terus dibuat. Beberapa jenis variasi bumbu baru seperti bawang putih, kecap ikan, udang krill dan jahe pun ikut dimasukkan sebagai bumbu pada Kimchi Korea.

Referensi


http://paulina-inggriani.blogspot.co.id/2017/03/sejarah-makanan-kimchi-korea-monday.html