Wednesday, November 15, 2017

Sejarah Negara Nigeria

negara nigeria sebelah timur berbatasan dengan negara negara nigeria dan ghana termasuk ke dalam wilayah negara nigeria terletak di benua negara nigeria islam negara nigeria digolongkan sebagai negara berkembang karena negara nigeria pdf nigeria negara miskin nigeria negara berkembang nigeria negara maju atau berkembang nigeria negara muslim negara nigeria negara nigeria adalah negara nigeria agama ibukota negara nigeria adalah hasil perkebunan negara nigeria adalah artikel negara nigeria negara berkembang nigeria negara bagian nigeria artikel negara berkembang nigeria daftar negara bagian nigeria contoh negara berkembang nigeria negara nigeria sebelah timur berbatasan dengan bentuk negara nigeria bendera negara nigeria budaya negara nigeria ciri negara nigeria negara di nigeria hubungan negara nigeria dengan indonesia negara berkembang di nigeria sebutkan batas negara nigeria dengan menggunakan peta buta negara niger dan nigeria negara bagian di nigeria deskripsi negara nigeria kehidupan di negara nigeria pendidikan di negara nigeria agama di negara nigeria iklim di negara nigeria budaya di negara nigeria islam di negara nigeria perekonomian di negara nigeria kebudayaan di negara nigeria bahasa di negara nigeria ekonomi negara nigeria ekspor negara nigeria fakta negara nigeria foto negara nigeria gambar negara nigeria geografis negara nigeria geografi negara nigeria gambaran negara nigeria apakah nigeria negara islam ibukota negara nigeria iklim negara nigeria ideologi negara nigeria indikator negara nigeria ikon negara nigeria industri negara nigeria impor negara nigeria julukan negara nigeria nigeria negara kaya kode negara nigeria karakteristik negara nigeria kepala negara nigeria kebudayaan negara nigeria keunikan negara nigeria kondisi negara nigeria konstitusi negara nigeria keadaan negara nigeria keistimewaan negara nigeria lambang negara nigeria letak negara nigeria luas negara nigeria lokasi negara nigeria logo negara nigeria nigeria negara maju nigeria negara mana apakah nigeria negara miskin makalah negara nigeria nigeria merupakan negara berbentuk mengenal negara nigeria militer negara nigeria negara nigeria sebagai negara berkembang nama negara nigeria profil negara nigeria sejarah negara nigeria peta negara nigeria perekonomian negara nigeria pemerintahan negara nigeria pengertian negara nigeria penduduk negara nigeria penjelasan negara nigeria presiden negara nigeria perkembangan negara nigeria sda negara nigeria semboyan negara nigeria negara tetangga nigeria warga negara nigeria tewas tentang negara nigeria nigeria termasuk negara mana nigeria termasuk negara maju atau berkembang tarian negara nigeria vegetasi negara nigeria negara nigeria wikipedia warga negara nigeria wisata negara nigeria wilayah negara nigeria

Penduduk pertama apa yang sekarang Nigeria diduga telah menjadi orang Nok ( 500 SM – c . 200 M) . The Kanuri , Hausa , dan Fulani masyarakat kemudian berimigrasi ke sana . Islam diperkenalkan pada abad ke-13 , dan kerajaan Kanem menguasai wilayah dari akhir abad ke-11 ke-14 .

The Fulani kerajaan memerintah wilayah tersebut dari awal abad ke-19 sampai Inggris mencaplok Lagos pada tahun 1851 dan menguasai seluruh daerah dengan 1886. Ini secara resmi menjadi koloni dan Protektorat Nigeria pada tahun 1914 . Selama Perang Dunia I , pasukan asli dari angkatan perbatasan Afrika Barat bergabung dengan pasukan Perancis untuk mengalahkan pasukan Jerman di Kamerun .


Independen Nigeria Wajah Konflik Etnis


Pada 1 Oktober 1960 , Nigeria merdeka , menjadi anggota Commonwealth of Nations dan bergabung dengan PBB . Diselenggarakan sebagai federasi longgar diri memerintah negara , bangsa merdeka menghadapi tugas besar untuk menyatukan negara dengan 250 kelompok etnis dan bahasa .

Kerusuhan pecah pada tahun 1966 , dan para pemimpin militer , terutama dari etnis Ibo , menguasai . Pada bulan Juli , sebuah kudeta militer kedua menempatkan Kolonel Yakubu Gowon dalam kekuasaan , pilihan dapat diterima oleh Ibos . Juga pada tahun itu, orang Hausa Muslim di utara membantai Ibos didominasi Kristen di timur , banyak di antaranya telah didorong dari utara . Ribuan Ibos berlindung di wilayah timur , yang mendeklarasikan kemerdekaan sebagai Republik Biafra pada tanggal 30 Mei 1967. Perang saudara pecah . Pada tahun 1970 Januari , setelah 31 bulan perang sipil , Biafra menyerah kepada pemerintah federal .


Kudeta militer Pergeseran Kekuatan


Aturan Gowon sembilan tahun itu berakhir pada tahun 1975 dalam kudeta tak berdarah yang membuat Angkatan Darat Brigjen. Muritala Rufai Mohammed kepala negara baru. Kembalinya kepemimpinan sipil didirikan dengan pemilihan Alhaji Shehu Shagari sebagai presiden pada tahun 1979 . Sebuah booming minyak pada tahun 1970 didukung oleh perekonomian dan 1980-an , Nigeria dianggap sebagai contoh demokrasi Afrika dan kesejahteraan ekonomi.Militer lagi merebut kekuasaan pada tahun 1984 , hanya akan diikuti oleh kudeta militer lainnya pada tahun berikutnya . Mayjen Ibrahim Babangida mengumumkan bahwa negara itu akan kembali ke pemerintahan sipil , tapi setelah pemilihan presiden 12 Juni 1993, ia voided hasilnya. Namun demikian , Babangida tidak mengundurkan diri sebagai presiden pada bulan Agustus . Pada bulan November militer , dipimpin oleh menteri pertahanan Sani Abacha , merebut kekuasaan lagi.

Korupsi dan inefisiensi pemerintah terkenal serta rezim militer represif kasar ditandai pemerintahan Abacha atas negara ini kaya minyak , mengubahnya menjadi paria internasional. Sebuah misi pencari fakta pada tahun 1996 PBB melaporkan bahwa Nigeria ” masalah hak asasi manusia yang  mengerikan dan masalah-masalah politik yang menakutkan . ” Selama tahun 1970 , Nigeria memiliki pendapatan tertinggi per kapita ke-33 di dunia, tetapi pada tahun 1997 itu telah jatuh ke 13 termiskin.Menggantung penulis Ken Saro – Wiwa pada tahun 1995 karena ia memprotes pemerintah dikutuk di seluruh dunia.

Adidaya Afrika Barat


Sebagai pemimpin gabungan ketiga negara pasukan penjaga kedamaian ECOMOG , Nigeria memantapkan dirinya sebagai negara adidaya Afrika Barat , intervensi militer dalam perang sipil Liberia dan Sierra Leone . Namun upaya perang mahal Nigeria yang populer dengan orang-orang sendiri , yang merasa sumber daya ekonomi Nigeria terbatas sedang tidak perlu dikeringkan .Abacha meninggal karena serangan jantung pada tahun 1998 dan digantikan oleh penguasa militer lain , Jenderal Abdulsalam Abubakar , yang berjanji untuk minggir untuk pemimpin terpilih bulan Mei 1999. Kematian curiga pemimpin oposisi Mashood Abiola , yang telah dipenjarakan oleh militer sejak dia secara hukum memenangkan pemilihan presiden tahun 1993, merupakan pukulan telak untuk pendukung demokrasi . Pada Februari 1999 , pemilihan presiden yang bebas menyebabkan kemenangan besar untuk Jenderal Olusegun Obasanjo , mantan anggota elit militer yang dipenjara selama tiga tahun karena mengkritik pemerintahan militer . Komitmen Obasanjo menuju demokrasi , antikorupsi drive , dan keinginannya untuk memulihkan miliaran diduga dicuri oleh keluarga dan kroni Abacha awalnya diperoleh dia pujian yang tinggi dari rakyat serta masyarakat internasional . Tapi dalam waktu dua tahun , harapan reformasi tampak ditakdirkan sebagai salah urus ekonomi dan korupsi yang merajalela bertahan . Prioritas Obasanjo pada tahun 2001 yang dicontohkan oleh rencana untuk membangun sebuah stadion sepak bola $ 330.000.000 nasional, merupakan pemborosan yang melebihi anggaran gabungan untuk kesehatan dan pendidikan. Pada bulan April 2003 , ia terpilih kembali .

Agama dan Berjuang Mengancam Stabilitas Nigeria


Stabilitas Nigeria telah berulang kali mengancam akibat pertempuran antara Muslim dan Kristen fundamentalis atas penyebaran hukum Islam ( syariah ) di utara berat Muslim. Sepertiga dari Nigeria 36 negara yang diperintah oleh hukum syariah. Lebih dari 10.000 orang telah tewas dalam bentrokan agama sejak kekuasaan militer berakhir pada tahun 1999.Pada tahun 2003 , setelah para pemimpin agama dan politik di wilayah Kano dilarang polio imunisasi – bersaing yang disterilkan anak perempuan dan penyebaran wabah polio menyebar melalui Nigeria , memasuki negara yang HIV – tetangga pada tahun berikutnya . Wilayah Kano mencabut larangan sepuluh bulan terhadap vaksinasi pada bulan Juli 2004 . Pada tanggal 24 Agustus, ada 602 kasus polio di seluruh dunia , 79 % di antaranya berada di Nigeria. Sejak tahun 2004 , pemberontakan telah mendatangkan malapetaka di delta Niger , daerah penghasil minyak Nigeria . Penduduk setempat sangat miskin delta telah melihat sedikit manfaat dari kekayaan minyak besar Nigeria , dan kelompok pemberontak yang berjuang untuk pemerataan kekayaan serta otonomi daerah yang lebih besar . Kekerasan oleh kelompok pemberontak telah menghambat produksi minyak dan output berkurang sekitar 20 % . Nigeria adalah salah satu produsen minyak terbesar di dunia dan memasok AS dengan seperlima dari minyak.Pada Agustus 2006 Nigeria menyerahkan semenanjung Bakassi kaya minyak ke Kamerun , sesuai dengan keputusan Pengadilan Dunia 2002.

Korupsi dan Kekerasan Noda Pemilu Demokratis


April 2007 nasional pemilu – transisi pertama negara itu dari satu presiden terpilih secara demokratis lain – dirusak oleh tuduhan luas penipuan , kartu suara ganda , kekerasan , dan kekacauan . Hanya beberapa hari sebelum pemilu , Mahkamah Agung memutuskan bahwa keputusan komisi pemilu untuk menghapus dari pemungutan suara Wakil Presiden Atiku Abubakar , calon terkemuka dan saingan pahit Presiden Olusegun Obsanjo , itu ilegal . Surat suara yang dicetak ulang , tetapi mereka hanya menunjukkan simbol partai ketimbang nama-nama calon . Umaru Yar’Adua , calon dari partai yang memerintah , memenangkan pemilihan dalam tanah longsor , mengambil lebih dari 24,6 juta suara. Kandidat kedua tempat Muhammadu Buhari hanya dihitung sekitar 6 juta suara . Para pengamat internasional disebut suara cacat dan tidak sah . Kepala pengamat untuk Uni Eropa mengatakan hasil ” tidak dapat dianggap telah kredibel . ” Pengadilan pemilu memerintah di Februari 2008 bahwa meskipun pemilu memang cacat , bukti kecurangan itu tidak cukup kuat untuk membatalkan hasil pemilu.Kelompok pemberontak di wilayah penghasil minyak Nigeria , Gerakan bagi Emansipasi Delta Niger , menyatakan gencatan senjata pada bulan September . Sejak pemberontakan meletus pada tahun 2004 , produksi minyak Nigeria telah berkurang secara signifikan , dari sekitar 2,5 juta barel per hari menjadi 1,5 juta .

Kekerasan mematikan pecah pada bulan Juli 2009 di timur laut Nigeria antara pasukan pemerintah dan sekte fundamentalis jelas , Boko Haram , yang menentang pendidikan Barat dan berusaha untuk memiliki hukum Syariah diterapkan di seluruh negeri . Nama kelompok diterjemahkan menjadi ” pendidikan Barat adalah dosa . ” Sebanyak 1.000 warga sipil tewas dalam pertempuran . Pertempuran dimulai setelah militan menyerang kantor polisi dan tampaknya mempersiapkan perang agama bernada terhadap pemerintah . Polisi , diikuti oleh tentara , membalas dan melepaskan serangan lima hari melawan sekte ini . Pemimpin kelompok itu , Mohammed Yusuf , tewas dalam kampanye dan kelompok ini hampir hancur.Presiden Umaru Yar’Adua mengambil sakit pada bulan November 2009 dan melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk perawatan medis . Wakil Presiden Goodluck Jonathan , seorang ahli zoologi , mengambil alih sebagai penjabat presiden pada Februari 2010 . Dia membubarkan kabinetnya pada bulan Maret. Langkah ini secara luas dianggap sebagai upaya untuk membangun otoritas seluruh negeri . Presiden Yar’Adua meninggal pada Mei , dan Jonathan , yang berasal dari selatan terutama Kristen , diasumsikan presiden.

Kekerasan sektarian pecah di kota Jos , yang terletak di dataran tinggi negara antara Muslim negara utara dan Kristen di wilayah selatan , pada Januari 2010. Setidaknya 325 orang, kebanyakan Muslim , tewas dalam pertempuran itu. Putaran lain kekerasan terjadi di Jos pada bulan Maret. Para korban sebagian besar orang Kristen yang dibacok sampai mati dalam tidur mereka. Pejabat lokal menduga penyerang membalas dendam atas pembunuhan pada bulan Januari . Jumlah korban jiwa berkisar 200-500.Jonathan menang dalam pemilihan presiden pada April 2011 , mengambil sekitar 60 % suara . Ia mengalahkan Muhammadu Buhari , mantan penguasa militer yang berasal dari utara Muslim. Para pengamat internasional dianggap sebagai pemilihan yang adil – terbersih dalam beberapa dekade . Tonggak itu agak dirusak setelah pemilu , namun, karena pendukung Buhari di utara keras memprotes hasil.


Sejarah Pemerintahan


Republik Federal Nigeria semula beribukota Lagos, setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris. Namun pada tanggal 12 Desember 1991 pindah ke Abuja (Nigeria bagian tengah). Wilayah Nigeria terbagi ke dalam 36 negara bagian dan 1 teritorial.

Sejarah perjuangan Nigeria memperoleh kemerdekaan dari Inggris sangat panjang, dimulai dari pemerintahan lokal pada abad 10 yang dipelopori Kekaisaran Kanem Borno. Pada abad 11 sampai dengan abad 14, orang Islam Hausa mengontrol jalur perdagangan Trans Saharan. Lalu pada abad 15 muncul Kekaisaran Benin dan Yoruba. Pemerintah kolonial Portugal pada abad 15 mulai mengontrol perdagangan budak. Pada abad 17, Kerajaan Yoruba berdiri, lalu disusul dengan berdirinya sistem politik Igbo (Ibo).

Pada tahun 1914, Nigeria menjadi Negara Protektorat Inggris, dan gerakan kemerdekaan dimulai pada tahun 1920. Lalu pada tanggal 1 Oktober 1960, Nigeria memperoleh kemerdekaannya dari Inggris, sekaligus menjadi anggota Commonwealth. Pada tanggal 1 Oktober 1963, Nigeria menjadi Republik, dan presiden pertama yang diangkat adalah Dr. Mnamdi Azikiwe, sedangkan Perdana Menterinya adalah Alhaji Abubakar Tafawa Balewa.Pada tanggal 29 Juli 1966, Letnan Kolonel Yacubus Gowon mengadakan kudeta. Sejak saat itu, keberadaan umat Islam di utara semakin tidak nyaman dan terjepit. Kediktatorannya menimbulkan ketidakpuasan, dan pada akhirnya terjadi kudeta kedua yang dipimpin oleh Jendral Murtala Muhammad pada tanggal 20 Juli 1975. Jendral Murtala Muhammad terbunuh pada tanggal 13 Pebruari 1976, dan digantikan oleh Jendral Olusegun Obasanjo.Pada tanggal 1 Oktober 1979, diadakan pemilihan presiden, dan akhirnya terpilih Alhaji Shehu Shagari dari Partai Nasional Nigeria. Presiden Shehu Shagari terpilih kembali pada tahun 1983, namun pada tanggal 31 Desember 1983, Shehu Shagari dikudeta oleh Mayor Jendral Muhammadu Buhari. Nasib Muhammadu Buhari juga tak lebih baik, karena pada tanggal 27 Agustus 1985, ia dikudeta oleh Mayor Jendral Ibrahim Babangida.

Pemerintahan Babangida berakhir pada tanggal 26 Agustus 1993 dan digantikan oleh Ernest Shonekan. Pada tanggal 17 Nopember 1993, Jendral Sani Abacha terpilih sebagai Presiden Nigeria. Namun, pada tahun 1993 itu juga diadakan pemilihan umum, dan terpilih Moshood Abiola. Namun kemenangan Moshood Abiola tak pernah diakui, malah ia ditangkap dan dipenjara. Tindakan ini mendapat kecaman internasional. Pada bulan Juni 1998, sebelum pemerintahan Sani Abacha berakhir, ia meninggal mendadak, dan jabatannya digantikan oleh anggota junta militer, Jendral Abdulsalam Abubakar.

Kekuasaan militer mutlak selama 10 tahun di Nigeria diakhiri oleh Jendral Abdulsalam Abubakar dengan mengadakan pemilihan umum. Dan Olusegun Obasanjo terpilih menjadi presiden. Namun demikian kaum muslim di bagian utara Nigeria tak serta merta hidup tenang. Mereka terus menuntut hak dan berjuang hingga syariat Islam bisa diberlakukan di tanah mereka.

negara nigeria sebelah timur berbatasan dengan negara negara nigeria dan ghana termasuk ke dalam wilayah negara nigeria terletak di benua negara nigeria islam negara nigeria digolongkan sebagai negara berkembang karena negara nigeria pdf nigeria negara miskin nigeria negara berkembang nigeria negara maju atau berkembang nigeria negara muslim negara nigeria negara nigeria adalah negara nigeria agama ibukota negara nigeria adalah hasil perkebunan negara nigeria adalah artikel negara nigeria negara berkembang nigeria negara bagian nigeria artikel negara berkembang nigeria daftar negara bagian nigeria contoh negara berkembang nigeria negara nigeria sebelah timur berbatasan dengan bentuk negara nigeria bendera negara nigeria budaya negara nigeria ciri negara nigeria negara di nigeria hubungan negara nigeria dengan indonesia negara berkembang di nigeria sebutkan batas negara nigeria dengan menggunakan peta buta negara niger dan nigeria negara bagian di nigeria deskripsi negara nigeria kehidupan di negara nigeria pendidikan di negara nigeria agama di negara nigeria iklim di negara nigeria budaya di negara nigeria islam di negara nigeria perekonomian di negara nigeria kebudayaan di negara nigeria bahasa di negara nigeria ekonomi negara nigeria ekspor negara nigeria fakta negara nigeria foto negara nigeria gambar negara nigeria geografis negara nigeria geografi negara nigeria gambaran negara nigeria apakah nigeria negara islam ibukota negara nigeria iklim negara nigeria ideologi negara nigeria indikator negara nigeria ikon negara nigeria industri negara nigeria impor negara nigeria julukan negara nigeria nigeria negara kaya kode negara nigeria karakteristik negara nigeria kepala negara nigeria kebudayaan negara nigeria keunikan negara nigeria kondisi negara nigeria konstitusi negara nigeria keadaan negara nigeria keistimewaan negara nigeria lambang negara nigeria letak negara nigeria luas negara nigeria lokasi negara nigeria logo negara nigeria nigeria negara maju nigeria negara mana apakah nigeria negara miskin makalah negara nigeria nigeria merupakan negara berbentuk mengenal negara nigeria militer negara nigeria negara nigeria sebagai negara berkembang nama negara nigeria profil negara nigeria sejarah negara nigeria peta negara nigeria perekonomian negara nigeria pemerintahan negara nigeria pengertian negara nigeria penduduk negara nigeria penjelasan negara nigeria presiden negara nigeria perkembangan negara nigeria sda negara nigeria semboyan negara nigeria negara tetangga nigeria warga negara nigeria tewas tentang negara nigeria nigeria termasuk negara mana nigeria termasuk negara maju atau berkembang tarian negara nigeria vegetasi negara nigeria negara nigeria wikipedia warga negara nigeria wisata negara nigeria wilayah negara nigeria

Perkembangan Islam di Nigeria


Islam dianut oleh 50% dari total penduduk Nigeria. Islam mempunyai sejarah yang panjang di negri ini, dan hampir menguasai seluruh Nigeria pada abad 11 sampai abad 19, sebelum kolonial Inggris menguasai Nigeria, khususnya Nigeria Utara. Penyebaran Islam di Nigeria terbagi dalam tiga periode, yaitu periode Trans Sahara dan Afrika Utara, periode Atlantik dan periode kemerdekaan.

Pada masa Trans Sahara dan Afrika Utara, bermula ketika Uqbah ibn-Nafi’ pada tahun 667 M datang ke Sahara Tengah, dan membuka rute perdagangan ke Kanem-Borno, Nigeria Utara. Rute perdagangan ini dilanjutkan oleh putra Uqbah, yaitu Ubaidillah sampai ke Kerajaan Ghana karena adanya perdagangan emas, dan berlanjut sampai dengan abad 11. Di samping melakukan perdagangan, para pedagang Muslim juga memperkenalkan Islam. Akhirnya Islam dapat berbaur dengan masyarakat setempat.Islam berkembang sangat pesat di seluruh Afrika Barat, tidak hanya di Nigeria, sehingga bahasa Arab dijadikan sebagai media komunikasi di kawasan itu. Ketika Portugis memasuki Afrika Barat pada abad 15, dalam rangka perdagangan budak, maka penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi mulai berkurang. Hal ini berlanjut sampai datangnya Perancis dan Inggris pada abad 19. Dua negara terakhir inilah yang akhirnya menguasai sebagian besar wilayah Afrika Barat.

Di masa orientasi Atlantik, pada abad 16, muncul kerajaan baru di Benin, Oyo, Dahomey dan Ashante, disusul kemudian kerajaan Bambara yang masih dikuasai oleh animisme. Komunitas Muslim di wilayah tersebut mulai mengadakan jihad. Jihad pertama dilakukan oleh Utsman Don Fodio pada tahun 1804 di Sokoto, yang meminta kepada pemerintah Sokoto, yang dikuasai oleh suku Hausa, agar memberlakukan ajaran Islam. Peradagangan budak semakin menipis, dan Eropa menghentikan kebutuhan akan budak, dan akhirnya kerajaan Oyo jatuh.Namun ketika kolonial Inggris mulai masuk di Nigeria, kehidupan komunitas Islam di sana mulai terjepit. Dimulai ketika diberlakukan Pax Brittanica yang mengatur agar setiap muslim yang akan bepergian atau membangun masjid harus mendapatkan izin dari pemerintah kolonial. Namun sebaliknya, bagi pemeluk Kristen tidak dikenakan aturan serupa. Kerajaan Sokoto dan Borno mulai melemah, namun komunitas Muslim menyebar ke Selatan, yaitu ke Etsako, Niger-Benue dan kota-kota wilayah Yoruba, semisal Ogbomoso, Oyo, Ibadan, Sagamu, Ijebu-Ode dan Abeokua. Budak-budak muslim yang berasal dari suku Hausa menyatu secara sosial-politik di kota-kota tersebut dan menjadikan Islam sebagai simbol Yoruba untuk menolak penetrasi kebudayaan Inggris.

Pada masa kemerdekaan, seorang tokoh Muslim dari Kerajaan Islam Sokoto mendapatkan kesempatan menjadi Perdana Menteri Pertama Nigeria, yaitu Alhaji Tafawa Balewa. Namun sebenarnya tokoh kunci yang sangat berperan di balik kesuksesan Tafawa Balewa adalah Ahmadu Bello. Tokoh ini mempunyai kedekatan dengan Rabithah Alam Islami (Muslim World League) dan pemerintah Saudi Arabia, sehingga ia sangat mudah mendapatkan bantuan untuk kemajuan Islam di Nigeria.Namun kesuksesan Ahmadu Bello membuat berang penganut Kristen di Selatan, sehingga mereka melakukan kudeta berdarah pada tahun 1966 yang dipimpin oleh Jendral Jacubus Gowon, yang mengusung moto “tenggelamkan al-Quran ke laut”. Ketika Gowon berkuasa inilah, timbul kesulitan luar biasa di kalangan Muslim, khususnya Muslim bagian Utara, sehingga banyak di antara mereka yang menjadi murtad. Jendral Gowon-lah sebenarnya orang pertama di Nigeria yang melakukan dan membudayakan kudeta, dan akhirnya membuat Nigeria terpecah belah sampai saat ini.

Referensi


http://sulfandi10.blogspot.co.id/2014/05/sejarah-singkat-negara-nigeria.html

http://kumpulan-blogspot.blogspot.co.id/2012/05/sejarah-nigeria.html