Wednesday, January 17, 2018

Biografi The Cranberries

Biografi The Cranberries              The Cranberries adalah band rock Irlandia terbentuk di Limerick pada tahun 1989 dengan nama The Cranberry Saw. kemudian diubah oleh vokalis Dolores O'Riordan. band saat ini terdiri dari O'Riordan, gitaris Noel Hogan, Mike Hogan bassis dan drummer Fergal Lawler. Meskipun secara luas yang terkait dengan rock alternatif, suara band indie juga menggabungkan, indie pop, rock, post-punk, rakyat Irlandia dan elemen pop rock.  The Cranberries naik menjadi terkenal di dunia internasional pada 1990-an dengan album debut mereka, Everybody Else Is Doing It, Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We?, yang menjadi kesuksesan komersial dan terjual lebih dari lima juta kopi di Amerika Serikat?. Kelompok ini salah satu aksi rock yang paling sukses dari 90-an dan terjual lebih dari 14,5 juta album di Amerika Serikat saja. Band ini telah mencapai empat top 20 album di chart 200 Billboard (Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We?; No Need To Argue; To the Faithful Departed and Bury the Hatchet) dan delapan top 20 single di chart Modern Rock Tracks ("Linger", "Dreams", "Zombie", "Ode to My Family", "Ridiculous Thoughts", "Salvation", "Free To Decide" and "Promises")’  Pada tahun 2009 The Cranberries bersatu kembali dan mulai tur



The Cranberries adalah band rock Irlandia terbentuk di Limerick pada tahun 1989 dengan nama The Cranberry Saw. kemudian diubah oleh vokalis Dolores O'Riordan. band saat ini terdiri dari O'Riordan, gitaris Noel Hogan, Mike Hogan bassis dan drummer Fergal Lawler. Meskipun secara luas yang terkait dengan rock alternatif, suara band indie juga menggabungkan, indie pop, rock, post-punk, rakyat Irlandia dan elemen pop rock.

The Cranberries naik menjadi terkenal di dunia internasional pada 1990-an dengan album debut mereka, Everybody Else Is Doing It, Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We?, yang menjadi kesuksesan komersial dan terjual lebih dari lima juta kopi di Amerika Serikat?. Kelompok ini salah satu aksi rock yang paling sukses dari 90-an dan terjual lebih dari 14,5 juta album di Amerika Serikat saja. Band ini telah mencapai empat top 20 album di chart 200 Billboard (Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We?; No Need To Argue; To the Faithful Departed and Bury the Hatchet) dan delapan top 20 single di chart Modern Rock Tracks ("Linger", "Dreams", "Zombie", "Ode to My Family", "Ridiculous Thoughts", "Salvation", "Free To Decide" and "Promises")’


Pada tahun 2009 The Cranberries bersatu kembali dan mulai tur Amerika Utara, diikuti dengan tanggal di Amerika Latin dan Eropa pada awal 2010. Mereka tampil di upacara pembukaan Olimpiade 2010 permainan Irlandia Khusus pada Thomond Park pada 9 Juni 2010 , pertunjukan pertama mereka di kota asli mereka selama lebih dari 15 tahun.


Pembentukan dan tahun-tahun awal (1989-1991)

Noel dan Mike Hogan, dua saudara dari Limerick membentuk band dengan drummer Fergal Lawler tahun 1990. Band ini awalnya bernama The Cranberry Saw Us. vokalis pada waktu itu adalah teman mereka. Bernama Niall Quinn. Para anggota band yang tersisa ditempatkan iklan untuk penyanyi perempuan. Dolores O'Riordan menanggapi iklan dan audisi dengan menulis lirik dan melodi untuk beberapa demo yang ada. Ketika ia kembali dengan versi kasar dari "Linger", kelompok mempekerjakannya.

Setelah mereka menyewa O'Riordan mereka merekam demo tape buatan mereka. Mereka membuat 300 salinan , Setelah menjalankan asli 300 eksemplar terjual habis, grup ini berganti nama menjadi The Cranberries dan. Mengirim lagi demo tape, yang menampilkan versi awal dari kedua "Linger" dan "Dreams," untuk merekam seluruh perusahaan Inggris. Rekaman itu dibuat di studio Xeric, yang dijalankan oleh Pearse Gilmore, yang kemudian akan menjadi manajer mereka.

Pita demo meraih perhatian baik pers Inggris dan industri rekaman dan memicu perang penawaran antara utama label rekaman Inggris. Akhirnya, kelompok ditandatangani dengan Island Records. The Cranberries menuju ke studio dengan Gilmore sebagai produser mereka untuk merekam single pertama mereka, "Uncertain." Judul terbukti nubuatan seperti yang mereka lakukan terdengar tidak nyaman, menyebabkan review miskin di pers. Hal ini menyebabkan ketegangan antara kelompok dan Gilmore. Sebelum mereka dijadwalkan untuk merekam debut mereka pada tahun 1992, band ini hampir bubar karena ketegangan. Sebaliknya, band, marah dengan hasil memutuskan semua hubungan dengan Gilmore, disewa Geoff Travis sebagai manajer baru mereka. Mereka juga mempekerjakan Stephen Street, yang sebelumnya bekerja dengan The Smiths, sebagai produser baru mereka.


Sukses Mainstream (1992-1995)


The Cranberries 'debut album, Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We?, Dirilis pada tahun 1993 awal, diikuti dengan single "Dreams". Baik album maupun single mendapat banyak perhatian, juga melakukan single kedua, "Linger". Ketika band memulai tur mendukung Suede, mereka menarik perhatian MTV, yang menempatkan video mereka ke dalam rotasi berat. Meskipun single "Linger" pertama kali dirilis di Inggris pada bulan Februari 1993, memuncak pada 74, belakangan diterbitkan kembali pada bulan Februari 1994 memuncak pada 14. Hal ini diikuti oleh Dreams (diluncurkan Mei 1994 memuncak di # 27) yang membantu album debut mereka untuk mencapai # 1 di UK Album Chart Sebuah versi sampul "Dreams" yang dilakukan oleh Faye Wong ini. Juga digunakan sebagai bagian dari soundtrack sampai 1994 Chungking sutradara film Wong Kar Wai Express. O'Riordan menikah manajer tur band, Don Burton, pada bulan Juli, 1994.

O'Riordan posisi dalam grup terus meningkat dengan merilis album kedua jatuhnya kelompok, No Need to Argue. Menawarkan suara, sedikit lebih keras lebih ramping, namun masih diproduksi oleh Stephen Street, rekor debut di nomor enam di tangga lagu AS dan akhirnya outsold pendahulunya. Dalam setahun ia pergi triple platinum, pemijahan nomor satu hit "Zombie" dan nomor 11 "Ode to My Family" di chart Modern Rock Tracks. Pada tahun 1995, band ini terus tur, dan merilis dua single. "I Can't Be With You" dan "Ridiculous Thoughts". Album pergi 5x platinum di Kanada, platinum di Swiss, dan tujuh kali platinum di Amerika Serikat.


Era Tengah (1996-2000)


berat album ketiga band, Untuk Departed Setia, gagal untuk mengumpulkan penerimaan sama seperti pendahulunya. Pada rilis album musim semi yang masuk tangga lagu, memuncak pada nomor 2 di UK Album Chart dan nomor 4 di Billboard 200. Meskipun review menguntungkan, album ini tidak sesuai dengan penjualan No Need to Argue. Album ini hanya pergi double platinum di AS dan Emas di Inggris, yang jauh kurang dari dua pendahulunya 'yang telah disertifikasi tujuh kali platinum. Single pertama dari album ini adalah "Salvation" yang memuncak pada nomor satu di chart Modern Rock Tracks. single kedua dari album ini "Free To Decide", puncak tunggal di Inggris adalah 33. Selama musim gugur 1996, band dibatalkan tur di Australia dan Eropa, memicu putaran lain rumor bahwa O'Riordan hendak meluncurkan karir solo. Pada awal 1997 "When You're Gone" dirilis sebagai single di Amerika Serikat, memuncak pada 22 di Billboard Hot 100, sehingga menjadi single kedua bagan di Billboard Hot 100 dari album, yang pertama adalah "Free To Decide".

Pada tahun 1999, kelompok ini merilis album studio keempat Bury the Hatchet. Single pertama "Promises" dirilis pada bulan Februari. "Promises" akan menjadi satu-satunya tunggal dari album pada bagan di AS dan terakhir tunggal sebelum hiatus mereka. Album ini mencapai puncaknya pada 7 di Inggris dan 13 di AS. Album ini bersertifikat emas di Amerika Serikat. Single kedua dari album ini "Animal Instainct", yang tidak chart di Inggris, tetapi hal itu chart di Perancis, Austria dan Negara lainnya. Single ketiga dan keempat adalah "Just My Imagination" dan "You & Me". Mereka tampil sebagai tamu dalam serial televisi populer Charmed, menyanyikan "Just My Imagination" pada episode She's a Man, Baby, A Man! Kelompok ini memulai tur dunia pada bulan April 1999 dan selesai pada bulan Juli 2000. Itu adalah tur terbesar dan paling sukses karir Cranberries '.

Tur membawa mereka kembali ke Irlandia sejak Mei 2000. Mereka tampil di Millstreet di County Cork. Sebagai tur bergulir, band ini merilis Bury The Hatchet – The Complete Sessions, CD ganda yang menampilkan B-sisi serta trek hidup diambil dari pertunjukan live di Paris.


Kemudian Tahun (2001-2003)


Pada bulan Oktober 2001, album Wake Up and Smell the Coffee dirilis. produser lama band ini, Stephen Street, telah kembali dan menghasilkan video musik baru mereka. Album ini memuncak di 46 di Billboard 200. Puncaknya di Inggris. Single pertama yang dirilis dari album ini adalah "Analyse", yang tidak terkenal di Inggris tapi terkenal di AS Dewasa Top 40 di 26 puncak. Pada bulan Januari 2002, mereka merilis single kedua "Time Is Ticking Out", dan beberapa bulan kemudian satu lagi, "This Is The Day". Tak satu pun dari lagu tersebut masuk chart.

Tahun berikutnya sebuah album greatest hits ini dirilis berjudul Stars - The Best of 1992 - 2002 yang dirilis sepanjang sisi dengan DVD eponymous video musik. Album memuncak di Inggris adalah 20. Lagu "Stars" dirilis sebagai single dari album itu.

Mereka memulai tur Eropa pada pertengahan Oktober 2002 yang berakhir pada bulan Desember tahun yang sama. Pada pertengahan tahun 2003, band ini memainkan tur bareng dengan beberapa band, seperti Rolling Stones (sebagai pembuka), dan beberapa sendirian. Mereka membawakan dua lagu baru pada saat itu ("Astral Projection" and "In It Together"), yang seharusnya akan dirilis pada album studio keenam band. Pada bulan September 2003, meskipun bekerja pada sebuah album baru, The Cranberries mengumumkan mereka mengambil beberapa waktu untuk mengejar karir individu.

Hiatus dan karir solo (2004-2008)


Dolores O'Riordan - 2010


Sejak tahun 2004 Dolores O'Riordan telah berkolaborasi pada sejumlah proyek musik, sebelum meluncurkan karir solo dengan album Are You Listening? pada tahun 2007. Noel Hogan memulai sebuah proyek baru bernama Mono Band, yang pertama full-length self-titled album melihat rilis terbatas pada tahun 2005. Dia melanjutkan untuk membentuk Arkitekt dengan penyanyi-penulis lagu Richard Walters. Ia juga telah bekerja sebagai produser dengan Supermodel Twins, dari Limerick nya asli dan Remma. Fergal Lawler adalah anggota Jaringan Rendah, yang album pertama dirilis pada tahun 2007. Ia juga bekerja sama dengan Walter Mitty dan Realis dan juga sebagai Hari Terakhir sebagai produser dan musisi.

Biografi The Cranberries              The Cranberries adalah band rock Irlandia terbentuk di Limerick pada tahun 1989 dengan nama The Cranberry Saw. kemudian diubah oleh vokalis Dolores O'Riordan. band saat ini terdiri dari O'Riordan, gitaris Noel Hogan, Mike Hogan bassis dan drummer Fergal Lawler. Meskipun secara luas yang terkait dengan rock alternatif, suara band indie juga menggabungkan, indie pop, rock, post-punk, rakyat Irlandia dan elemen pop rock.  The Cranberries naik menjadi terkenal di dunia internasional pada 1990-an dengan album debut mereka, Everybody Else Is Doing It, Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We?, yang menjadi kesuksesan komersial dan terjual lebih dari lima juta kopi di Amerika Serikat?. Kelompok ini salah satu aksi rock yang paling sukses dari 90-an dan terjual lebih dari 14,5 juta album di Amerika Serikat saja. Band ini telah mencapai empat top 20 album di chart 200 Billboard (Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We?; No Need To Argue; To the Faithful Departed and Bury the Hatchet) dan delapan top 20 single di chart Modern Rock Tracks ("Linger", "Dreams", "Zombie", "Ode to My Family", "Ridiculous Thoughts", "Salvation", "Free To Decide" and "Promises")’  Pada tahun 2009 The Cranberries bersatu kembali dan mulai tur

Reuni dan Album Studio Keenam (2009-sekarang)


Seperti dijelaskan dalam website resmi mereka, The Cranberries bersatu kembali pada bulan Januari 2009 "untuk merayakan Dolores menjadi Pelindung Kehormatan Universitas Philosophical Society (Trinity College, Dublin)". Sedangkan kelompok yang ditunjukkan pada saat itu bahwa ini tidak menandakan suatu reuni resmi, hal-hal yang tampaknya telah berubah.

Pada tanggal 25 Agustus 2009 di antisipasi rilis album solo keduanya, No Baggage, O'Riordan Cranberries mengumumkan bahwa akan bersatu kembali untuk tur Amerika Utara untuk mulai pada bulan November 2009, diikuti oleh tanggal di Eropa pada awal 2010. O'Riordan menunjukkan bahwa band akan memainkan lagu-lagu dari album solo dan lagu The Cranberries hits klasik serta beberapa komposisi grup baru. Denny DeMarchi yang bermain keyboard, gitar dan menyanyi backing vokal di album solo O'Riordan juga akan tur bersama mereka.Pada bulan Oktober 2010, The Cranberries terlibat dalam tur Amerika Latin, berakhir pada akhir bulan yang sama. Band ini berencana untuk masuk studio pada bulan Januari 2011 untuk memulai rekaman album baru mereka.

Referensi


http://historylivingnature.blogspot.co.id/2011/03/cranberries.html