Saturday, January 27, 2018

Sejarah Terbentuknya Espanyol FC

 Sejarah Terbentuknya Espanyol FC  Espanyol de Barcelona atau biasa dikenal dengan sebutan RCD Espanyol, merupakan sebuah klub olahraga termasuk sepak bola pria maupun wanita yang berbasis di Barcelona, Spanyol. Klub ini terkenal karena tim sepakbolanya.Espanyol bermarkas pusat di Estadi Cornella-El Prat dengan kapasitas 40.500 kursi untuk penonton. Stadion tersebut menjadi tempat bermain kandangnya Espanyol sejak 2 Agustus 2009. Espanyol sebelumnya bermain di Estadi Olimpic Lluís Companys yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 1992, dan Estadi de Sarria, yang menjadi tuan rumah FIFA Piala Dunia 1982.  Espanyol didirikan pada 28 Oktober 1900 oleh Ángel Rodríguez, seorang mahasiswa teknik di University of Barcelona. Markas pertama klub tersebut berada di distrik elit Sarria yang pada awalnya dikenal sebagai Sociedad Española de Football. Satu tahun kemudian, klub berganti nama ke Club de Fútbol Español. Espanyol adalah klub pertama di Spanyol yang dibentuk secara eksklusif oleh fans Spanyol.Awalnya Espanyol bermain dengan kostum kandang berwarna kuning cerah, dengan warna celana pendek putih yang berasal dari kain sisa industri, untuk setiap pemain individu. Seorang teman dari pendiri klub ini memiliki bisnis tekstil dan kebetulan memiliki banyak bahan kuning yang tersisa dari pekerjaannya.  Pada tahun 1910, klub berga

Espanyol de Barcelona atau biasa dikenal dengan sebutan RCD Espanyol, merupakan sebuah klub olahraga termasuk sepak bola pria maupun wanita yang berbasis di Barcelona, Spanyol. Klub ini terkenal karena tim sepakbolanya.Espanyol bermarkas pusat di Estadi Cornella-El Prat dengan kapasitas 40.500 kursi untuk penonton. Stadion tersebut menjadi tempat bermain kandangnya Espanyol sejak 2 Agustus 2009. Espanyol sebelumnya bermain di Estadi Olimpic Lluís Companys yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 1992, dan Estadi de Sarria, yang menjadi tuan rumah FIFA Piala Dunia 1982.

Espanyol didirikan pada 28 Oktober 1900 oleh Ángel Rodríguez, seorang mahasiswa teknik di University of Barcelona. Markas pertama klub tersebut berada di distrik elit Sarria yang pada awalnya dikenal sebagai Sociedad Española de Football. Satu tahun kemudian, klub berganti nama ke Club de Fútbol Español. Espanyol adalah klub pertama di Spanyol yang dibentuk secara eksklusif oleh fans Spanyol.Awalnya Espanyol bermain dengan kostum kandang berwarna kuning cerah, dengan warna celana pendek putih yang berasal dari kain sisa industri, untuk setiap pemain individu. Seorang teman dari pendiri klub ini memiliki bisnis tekstil dan kebetulan memiliki banyak bahan kuning yang tersisa dari pekerjaannya.

Pada tahun 1910, klub berganti nama ke Club Deportivo Español dan memilih warna garis-garis biru dan putih sebagai warna atasan dan sebagai warna utama dari lencana klub. Biru dan putih dipilih sebagai bentuk penghormatan kepada warna yang ada pada perisai Sisilia-Aragon Roger Laksamana de Lluria yang berlayar di Mediterania melindungi kepentingan Kerajaan Aragon di Abad Pertengahan.Hingga sekarang klub ini telah berhasil memenangkan banyak kemenangan diantaranya empat kali juara Coppa del Rey dari 75 musim kehadirannya di La Liga, runner-up dua kali di UEFA Cup dari 7 kali partisipasi, dan diawali dengan juara Campionat de Catalunya pada tahun 1903.

Panggilan : Periquitos (Parakeets), Blanquiblaus (White and Blues), Mágico (Magic).


STADION ESPANYOL FC

Stadion Cornella-El Prat (Bahasa Katalan: [əsˈtaði kurnəˈʎa əɫ ˈpɾat]) adalah stadion sepak bola yang terletak di pinggiran Cornellà de Llobregat, dekat Barcelona, Katalonia, Spanyol.Stadion ini adalah kandang dari klub sepak bola RCD Espanyol menggantikan Stadion Olimpiade Lluís Companys dan merupakan stadion kedelapan dalam sejarah klub. Stadion ini memiliki kapasitas 40,500 tempat duduk.Pembangunan stadion ini membutuhkan waktu tiga tahun dengan biaya sekitar 60 juta euro dan selesai pada musim panas tahun 2009.

Referensi


http://www.kuwaluhan.com/2017/11/sejarah-terbentuknya-espanyol-football.html