Saturday, February 3, 2018

Biografi Zumi Zola


Biodata


Nama Lengkap : Zumi Zola Zulkifli S.TP., M.A.

Nama Keren : Zumi Zola

Tempat Lahir : Jakarta, Indonesia

Tanggal Lahir : 31 Maret 1980

Pekerjaan : Gubernur Jambi

Bendera : Partai Amanat Nasional

Agama : Islam

Pasangan : Sherrin

Anak : Zameer Zahid Abyadh Zola

Akun Twitter : @zolaofficial


Akun Instagram : @zumizolazulkifliforjambi


Biografi


Nama lengkap Zumi ialah Zumi zola, S.TP, M.A. sebelum terjun ke dunia politik Zumi merupakan aktor yang membintangi berbagai film dan sinetron tanah air. Zumi merupakan keturunan asli Melayu Jambi.Zumi zola mempunyai istri, yang bernama Sherrin tharia yang merupakan pemain biola dan putri dari Tengku malinda mantan penyiar TVRI. Zumi zola dikaruniai dua orang anak yaitu Zameer zahid abyadh zola (1 agustus 2014) dan Zhafran ziyadh at-thahirah (22 juni 2016).

Zumi mewarisi darah politik dari sang ayah, Zulkifli nurdin yang merupakan Gubernur Jambi periode 1999 - 2004 dan periode 2004 – 2010. Sebelum menjadi Gubernur, ia menjabat sebagai seorang bupati di Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011 – 2016 yang berpasangan dengan wakilnya Ambo tang. Pada pilkada serentak 2015, terpilih menjadi Gubernur Jambi untuk periode 2016 – 2021, yang didukung oleh beberapa partai politik yaitu PAN, Nasdem, Golkar, Hanura. PKB, PBB, dan PPP.

Pria yang dari kecil bercita-cita menjadi aktor ini, baru mulai terjun ke dunia seni peran disaat ia duduk di bangku kuliah. Sinetron pertama yang dibintanginya ialah Culunnya Pacarku (2004). Baru, ketika ia membintangi sinetron Hantu Jatuh Cinta (2006) namanya popular dikalangan masyarakat Indonesia. Ia juga menjadi aktor utama di sinetron Ku Tlah Jatuh Cinta (2006) dan juga menjadi model video clip single Matahariku (2008) milik Agnes Monica. Akan tetapi, namanya hilang di panggung hiburan tanah air dikarenakan ia melanjutkan studinya di London, Inggris. Setelah kepulangannya dari inggris, Zumi kembali lagi bermain seni peran di film Kawin Laris (2009). Ia menjadi salah satu dari lima pemain utama di film fiksi historis Indonesia Merah Putih (2009).

Zumi Zola lahir di Jakarta 31 Maret 1980. Ia mulai dikenal masyarakat sebagai seorang aktor yang wajahnya kerap muncul di berbagai sinetron. Beberapa sinetron yang pernah dibintangi oleh Zumi Zola diantaranya, Tersanjung 6,Kehormatan 2, Bawang Merah Bawang Putih dan beberapa sinetron lainnya.Karir politiknya dimulai dengan menjadi kader Partai Amanat Nasional. Ia kemudian mencalonkan diri dan terpilih menjadi Bupati Tanjung Jabung Timur bersama wakilnya Ambo Tang untuk periode 2011-2016. Namun masa jabatan Bupati Zumi berakhir sebelum 2016 yaitu pada tanggal 6 Oktober 2015.

Kemudian pada tanggal 9 Desember 2015, Zumi Zola kembali mendaftarkan dirinya menjadi calon Gubernur Jambi, bersama Fachrori. Dalam penghitungan cepat, pasangan Zumi Zola Unggul jauh dari lawannya. Asmara Zumi Zola. Sebelumnya, jebolan Institut Pertanian Bogor ini pernah menjalin hubungan dekat dengan Ayu Dewi, namun akhirnya kandas. Zumi pun akhirnya menikah dengan pemain biola bernama Sherrin yang tak lain adalah putri dari mantan penyiar TVRI Tengku Malinda pada tanggal 16 Maret 2012. Dari pernikahannya, Zumi Zola dikaruniai anak laki-laki yang diberinama Zameer Zahid Abyadh Zola.