Sunday, April 8, 2018

Biografi Ganjar Pranowo

 Biografi Ganjar Pranowo   Riwayat pendidikan Ganjar Pranowo – pemimpin inspiratif dari Jawa Tengah ini tergolong tinggi. orang tuanya sangat menyarankan kepada setiap anaknya untuk menempuh pendidikan tinggi. Ganjar mengawali pendidikannya di SD Negeri Kutoarjo dimana lulus pada tahun 1981. Selanjutnya, dilanjutkan pendidikan tingkat menengah pertama di Sekolah Menengah Pertama 1 Kutoarjo. Untuk pendidikan menengah atas, Ganjar menempuhnya di Sekolah Menengan Atas BOPKRI Yogyakarta.  Berkat kecerdasan dan ketekunannya, ia berhasil menjadi mahasiswa di salah satu sekolah tinggi tinggi ternama di Indonesia yakni Universitas Gadjah Mada. Beliau mengambil jurusan Hukum. Selain menjadi mahasiswa, ia juga aktif sebagai pelopor dengan mengikuti banyak sekali acara menyerupai bergabung sebagai mahasiswa pecinta alam di Mapagama dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Setelah meraih gelar sarjana, ia melanjutkan jadwal magister di Universitas Indonesia dengan konsentrasi ilmu politik. Kiprahnya dalam dunia politik dimulai pada masa orde baru.  Karir Ganjar Pranowo Hingga Menjadi Orang Nomor Satu di Jawa Tengah   Sejalan dengan pendidikan dan kiprahnya, Ganjar bergabung dengan salah satu partai politik di Indonesia yakni PDIP. Beliau menjadi kader dengan progres yang baik. Ganjar Pranowo – pemimpin inspiratif dari Jawa Tengah memiliki keberanian dan keteguhan menyuarakan aspirasi rakyat, sehingga semakin diperhitungkan dalam ranah perpolitikan. Sebelum menjadi gubernur Jateng, ia sempat menjadi Wakil Ketua Komisi II. Akan tetapi, ia tidak melanjutkan tugasnya alasannya yaitu terpilih menjadi gubernur pada tahun 2013.  Dalam menjalankan tugasnya sebagai gubernur, ia didampingi Heru Sudjatmoko sebagai wakil gubernur. Pada tanggal 23 Agustus 2013, Ganjar resmi dilantik menjadi Gubernur Jawa Tengah oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi di DPRD Jawa Tengah. Program kerja yang diterapkannya dalam hal pem


Riwayat pendidikan Ganjar Pranowo – pemimpin inspiratif dari Jawa Tengah ini tergolong tinggi. orang tuanya sangat menyarankan kepada setiap anaknya untuk menempuh pendidikan tinggi. Ganjar mengawali pendidikannya di SD Negeri Kutoarjo dimana lulus pada tahun 1981. Selanjutnya, dilanjutkan pendidikan tingkat menengah pertama di Sekolah Menengah Pertama 1 Kutoarjo. Untuk pendidikan menengah atas, Ganjar menempuhnya di Sekolah Menengan Atas BOPKRI Yogyakarta.


Berkat kecerdasan dan ketekunannya, ia berhasil menjadi mahasiswa di salah satu sekolah tinggi tinggi ternama di Indonesia yakni Universitas Gadjah Mada. Beliau mengambil jurusan Hukum. Selain menjadi mahasiswa, ia juga aktif sebagai pelopor dengan mengikuti banyak sekali acara menyerupai bergabung sebagai mahasiswa pecinta alam di Mapagama dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Setelah meraih gelar sarjana, ia melanjutkan jadwal magister di Universitas Indonesia dengan konsentrasi ilmu politik. Kiprahnya dalam dunia politik dimulai pada masa orde baru.

Karir Ganjar Pranowo Hingga Menjadi Orang Nomor Satu di Jawa Tengah



Sejalan dengan pendidikan dan kiprahnya, Ganjar bergabung dengan salah satu partai politik di Indonesia yakni PDIP. Beliau menjadi kader dengan progres yang baik. Ganjar Pranowo – pemimpin inspiratif dari Jawa Tengah memiliki keberanian dan keteguhan menyuarakan aspirasi rakyat, sehingga semakin diperhitungkan dalam ranah perpolitikan. Sebelum menjadi gubernur Jateng, ia sempat menjadi Wakil Ketua Komisi II. Akan tetapi, ia tidak melanjutkan tugasnya alasannya yaitu terpilih menjadi gubernur pada tahun 2013.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai gubernur, ia didampingi Heru Sudjatmoko sebagai wakil gubernur. Pada tanggal 23 Agustus 2013, Ganjar resmi dilantik menjadi Gubernur Jawa Tengah oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi di DPRD Jawa Tengah. Program kerja yang diterapkannya dalam hal pembangunan sangat baik. Jalinan komunikasi dengan rakyat juga dilakukan secara sinergis secara pribadi ataupun memakai twitter, sebagai media penampung aspirasi rakyat.


Rangkaian Penghargaan yang Diraih Ganjar Pranowo


Sebagai salah satu tokoh sukses, banyak penghargaan yang diraih Ganjar Pranowo, yaitu penghargaan sebagai gubernur inovatif 2014-2016, Tokoh Publik Inspirasional IPRAS 2015penghargaan Adi Tangguh dari BNPB 2015, penghargaan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan penghargaan KPK 2015. Ganjar Pranowo – pemimpin inspiratif dari Jawa Tengah mengambarkan adanya keberhasilan di balik kerja keras yang dilakukan. Kecerdasan, ketekunan, kepedulian, serta peran dalam lingkungan, merupakan aplikasi teori dan praktik yang dilakukan Ganjar, sehingga bisa mengantarkannya pada kesuksesan.


PENDIDIKAN


SD N 1 KUTOARJO LULUS 1981

SMP N 1 KUTOARJO LULUS 1984

SMA BOPKRII YOGYAKARTA LULUS 1987

FAKULTAS HUKUM UGM LULUS 1995

ILMU POLITIK PASCA SARJANA UI


KARIR


KONSULTAN HRD PT. PRAKARSA 1995-1999

ANGGOTA KOMISI IV dewan perwakilan rakyat RI 2004-2009 (BIDANG PERTANIAN, PERKEBUNAN, KEHUTANAN, KELAUTAN, PERIKANAN, PANGAN) 2004-2009

WAKIL KETUA KOMISI II dewan perwakilan rakyat RI (BIDANG PEMERINTAHAN DLM NEGERI, OTONOMI DAERAH, APARATUR NEGARA, REFORMASI BIROKRASI, PEMILU, PERTANAHAN DAN REFORMASI AGRARIA) 2009-2013

ANGGOTA PANSUS ANGKET BANK CENTURY DI dewan perwakilan rakyat RI 2009-2010

ANGGOTA TIMWAS CENTURY DI dewan perwakilan rakyat RI 2010-2013

KETUA PANSUS RUU ttg PARTAI POLITIK DI dewan perwakilan rakyat RI 2007-2009

KETUA PANSUS ttg MPR, DPR, DPD DAN DPRD di dewan perwakilan rakyat RI 2007-2009

ANGGOTA BADAN LEGISLASI dewan perwakilan rakyat RI 2004-2010

SEKRETARIS FRAKSI PDIP MPR RI 2009-2010

SEKRETARIS I FRAKSI PDIP dewan perwakilan rakyat RI 2007-2009

WAKIL SEKRETARIS FRAKSI PDIP dewan perwakilan rakyat RI 2010-SEKARANG

GUBERNUR JAWA TENGAH 2013-2018